Monday 28 January 2013

Risiko Tumor Otak Meningkat 290% Setelah 10 Tahun Penggunaan Ponsel


Berapa lama Anda telah menggunakan ponsel? Selama ini hanya diketahui menggunakan perangkatmobile untuk waktu yang lama akan berakibat tidak baik bagi kesehatantetapi tidak secara gamblang menjelaskan seberapa besar kerusakan tersebut. Penelitian terbaru menguak sebuah fakta pada betapa signifikan penggunaan ponsel memiliki pengaruh jangka panjang pada otak.Dalam sebuah studi yang baru dirilis dilakukan di Hospita Orebro di Swediaterungkap bahwa 10tahun penggunaan ponsel mengakibatkan peningkatan rata-rata 290risiko perkembangan tumor otakMenariknyaperkembangan tumor ditemukan pada sisi kepala dimana ponsel paling sering digunakan.


Sangat penting untuk memahami bahwa penggunaan ponsel sudah naik signifikan sejak 10 tahun laluyang berarti bahwa hasil yang lebih baru mungkin menunjukkan risiko yang lebih tinggi.Secara statistikrata-rata orang memiliki sekitar 2 ponsel masing-masingDengan peningkatan jumlah ponsel pada warga dunia, akan datang fenomena yang dikenal sebagai 'risiko gandapenggunaan ponsel'. Sama seperti dengan merokok, pada saat anda duduk di buspesawatatau kereta api, anda akan terekspos beberapa ratus ponsel pada satu waktu.

Faktor lainnya adalah bahwa 10 tahun yang lalu, sangat jarang anak-anak menggunakan ponsel-walaupun menggunakan, hanya sebagai perangkat 'darurat'. Sekarangsangat umum melihat anak di bawah 10 tahun chatting atau SMS pada ponsel mereka sepanjang hariSudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak-anak lebih mudah terpengaruh oleh radiasi ponselmisalnya gangguan perilaku yang dikenal berkembang dari penggunaan ponsel pada usia diniSelain itu,  juga diketahui bahwa radiasi ponsel benar-benar merubah otak dengan cara yang belum dipahami.

Dengan kata lainpenggunaan skala besar global ponsel pada dasarnya adalah sebuah percobaan biologis besar. Efek jangka panjang hanya akan benar-benar diketahui ketika efek tersebut telah terjadiHasil penelitian ini akan menjadi lonjakan sejarah dalam pengetahuan mengenai tumor dan kerusakan otak akibat penggunaan ponsel.

Seperti yang kita tahucara terbaik untuk melindungi diri dari radiasi ponsel adalah hanya tidakmenggunakannyaKetika mematikan ponselmengurangi tingkat emisi mendekati nolHal ini tidak selalu menjadi pilihan bagi banyak orangsehingga ada beberapa metode penting dalammengurangi kerusakan akibat radiasi penggunaan ponsel:
  • Cobalah menggunakan pilihan 'speaker' pada ponsel Anda bila memungkinkandan peganglah ponsel di tangan jauh dari kepala Anda.
  • Matikan ponsel pada malam hari atau ketika tidak menggunakannya.
    Atur telepon dalam mode 'pesawat' jika tidak dapat mematikannya sepenuhnya.
  • Pilihlah ponsel yang benar-benar memperhatikan proteksi radiasi produknyaSadarilah, bahwa ada sejumlah ponsel palsu di luar sanajadi pastikan produk yang dibeli benar-benar aman.
Pada skala yang lebih besaradalah penting untuk memberi tahu teman dan keluarga akan bahayadari penggunaan ponselGunakan ponsel dan perangkat mobile anda hanya pada saat benar-benar diperlukan.



Artikel Terkait Tentang :

No comments:

Post a Comment