Friday 23 July 2010

AS Sebut Korea Utara Ancaman Nyata

Washington hari Kamis menolak tuduhan Korea Utara bahwa latihan militer yang dilakukan AS dengan Korea Selatan merupakan provokasi dan mengatakan, Pyongyang adalah ancaman nyata bagi perdamaian kawasan tersebut.

Pada perundingan keamanan Asia-Pasifik di Vietnam, delegasi Korea Utara menuduh AS menimbulkan ancaman bagi kawasan itu dan dunia dengan latihan angkatan laut yang dilakukannya dengan Korea Selatan.

"Itu merupakan latihan pertahanan yang dimaksudkan untuk memperbaiki kemampuan kami bekerja bersama-sama sebagai sekutu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Philip Crowley kepada wartawan di Washington.

"Latihan itu tidak dimaksudkan sebagai provokasi," kata Crowley.

"Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Korea Utara, termasuk penenggelaman kapal Cheonan ... langkah provokatif semacam itu kenyataannya merupakan ancaman bagi keamanan dan stabilitas di kawasan tersebut," tambah juru bicara tersebut.

Korea Selatan, AS dan sejumlah negara lain menuduh Korea Utara mengirim sebuah kapal selam untuk mentorpedo kapal angkatan laut Korea Selatan, Cheonan, pada Maret.

Ketegangan meningkat sejak tenggelamnya kapal perang Korea Selatan pada 26 Maret itu. (Ant/RIZ)

Artikel Terkait Tentang :

No comments:

Post a Comment