Friday 2 December 2011

Anggota Pansel KPK Kecewa Pilihan DPR

Empat pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dipilih oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, pilihan itu disesalkan mengecewakan salah satu anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Saldi Isra.

"Hasil ini mengecewakan Pansel karena DPR tidak memilih berdasarkan peringkat yang dibuat oleh Pansel," kata Saldi Isra saat dihubungi, Jumat 2 Desember 2011.

Menurutnya DPR memiliki logika berbeda dengan Pansel KPK. Saldi menjelaskan Pansel KPK melakukan pemilihan berdasarkan nilai  akademis yang mencakup integritas dan kompetensi calon. Sementara ia menilai DPR lebih memilih berdasarkan pertimbangan politik.

 "Ya pada akhirnya pertimbangan kita melalui rangking tidak banyak memberikan pengaruh pada pilihan DPR. Padahal kita telah menghitung secara baik" ujarnya.


Meski demikian Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Andalas itu tetap merespon positif keputusan DPR, karena nama-nama calon pimpinan yang dianggap selama ini kontroversial tidak dipilih oleh DPR.

Empat pimpinan yang baru itu diputuskan lewat voting yang digelar komisi III,  di Jakarta, Jumat 2 Desember 2011.  Empat nama yang lolos itu adalah Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain.

Berikut hasil akhir voting 8 Nama calon pimpinan KPK itu.
1. Abraham Samad : 55
2. Irjen Pol (Purn) Aryanto Sutadi : 3
3. Abdullah Hehamahua : 2
4. Handoyo Sudradjat : -
5. Adnan Pandu Praja : 50
6. Yunus Husein : 20
7. Zulkarnain : 37
8. Bambang Widjojanto : 55

Artikel Terkait Tentang :

No comments:

Post a Comment