Friday 20 January 2012

CURAHAN HATI SEORANG ''PEMUDA'' KAPUR IX

aku ingin sekali memberikan sesuatu yang berarti untuk masyarakat kapur ix,kalau di lihat dari sisi ekonomi perekonomian masyarakat kapur ix  sangat buruk dan tidak seimbang dg kecamatan lain di kabupaten 50 kota. hasil pertanian seperti gambir dan karet selalu merosot padahal dua hasil panen tersebut menjadi penopang hidup no satu bagi masyarakat kapur ix. hal ini sungguh membuat hati dan perasaan saya kesal dan marah  dg  apa yang terjadi di kapur ix, seharus nya  harga komoditi export  tersebut mempunyai harga yang pantas.


walaupun kebanyakan orang mengatakan harga gambir  dan karet itu turun karena ulah petani atau krisis  di eropa namun saya  pribadi tidak bisa  menerima begitu saja pendapat orang-orang tersebut karena bagi saya pasti selalu ada solusi di antara ke tidak pastian perekonomian. di lihat dari segi pembangunan di kapur 9 secara jujur  saya  katakan untuk saat ini sudah mendingan dari tahun-tahun yang lalu. akan tetapi saya tetap tidak puas dengan pembangunan jalan raya yang  juga  saya lihat  belum seluruh kenagarian mendapat pembangunan jalan raya yang layak dari pemerintah.

seharus pembangunan jalan raya sudah dari puluhan tahun yang lalu di saat bupati kab 50 kota berasal dari kapur ix, namun entah mengapa di saat  itu tidak ada sedikit pun perkembangan di kapur ix, saya tidak tau dimana letak kesalahan dan kekurangan kapur ix dari kecamatan lain yang lebih maju, kapur ix mempunyai komoditi export namun tetap terjadi ke tidak adilan pembangunan di  kecamatan kapur ix dari kecamatan yang lain. mungkin teman-teman semua bertanya-tanya  kenapa  seorang tommy selalu kritis  terhadap pemerintah. jujur  saya  jawab  ,saya sendiri memang bukan lah warga asli kapur ix, akan tetapi saya sudah 27 tahun menjadi warga kapur ix.

setiap saya berkunjung ke kampung orang tua saya  di payakumbuh kecamatan guguk, hati saya  selalu risih melihat pembangunan yang begitu merata di setiap nagari. setiap saya berkunjung ke  kecamatan lain rasa  sedih,marah itu selalu muncul ''mengapa kapur ix  tidak seperti ini'' rasa ini muncul begitu saja tanpa saya tau dari mana datang nya. oleh karena itu saya selalu kritis terhadap pemerintahan kab 50 kota maupun kecamatan kapur ix, karena menurut saya dan penilaian saya  kapur ix dari dulu nya  selalu menjadi anak tiri oleh kabupaten 50 kota. ini lah tidak saya suka, karena saya juga ingin kapur ix sama dengan kecamatan lain nya di kabupaten 50 kota, bahkan harus nya  kapur ix  jauh lebih maju dari kecamatan lain karena kapur ix mempunyai pertanian komoditi export berkelas dunia.

jadi saya mau tanya kepada pemda kab 50 kota. apa alasan mereka karena tidak adil dalam pembangunan di kapur ix. saya juga siap menantang petinggi-petinggi pemerintahan kabupaten 50 kota untuk membicarakan masalah ini secara jujur dan terang menerang, karena saya bukan lah manusia bodoh yang takut dengan kekuasaan. apalagi itu hanya kekuasaan  berkelas kabupaten. bagi saya kejujuran adalah no satu, saya hanya butuh penjelasan yang rinci dari pemerintahan kab 50 kota tentang ke tidak adilan pembangunan di kec kapur ix. sampai kapan kapur ix  akan tetap diam dengan ke tidak adilan ini karena bagi saya sabar itu ada  batas nya. saya menuntut naik kan harga hasil pertanian masyarakat kapur ix dan tingkat kan pembangunan sarana dan prasarana di kapur ix.

sekian dari saya : tommy utama sh

Artikel Terkait Tentang :

2 comments:

  1. syahduuu brooo ............. !

    ReplyDelete
  2. Bukankah dahulu KP IX pernah masuk dlm wilayah riau?...mungkin krn secara budaya kita lebih dekat ke kampar....mungkin perlu diusulkan agar KP IX gabung ke kampar riau

    ReplyDelete