Friday 20 May 2011

Rusia Usir Atase Militer Israel


Kementerian Luar Negeri Rusia mengusir atase militer Israel, Vadim Leiderman, atas tuduhan mengumpulkan informasi intelijen di negara itu. Vadim adalah salah satu perwakilan Menteri Pertahanan Israel di Rusia.

“Kementerian Luar Negeri Rusia membenarkan kabar tentang penahanan atase militer V. Leiderman dari Kedutaan Israel di Moskow, karena yang bersangkutan menerima informasi intelijen dari seorang warga negara Rusia di Moskow pada 12 Mei 2011,” demikian stasiun berita CNN yang mengutip laman Kementerian Luar Negeri Rusia.

Menurut laporan tersebut, Kementerian Luar Negeri Rusia menilai aktivitas Leiderman bertentangan dengan posisi diplomatik yang dijabatnya. Oleh karena itu, Rusia mengeluarkan protes keras atas tindakannya, dan mengumumkan pengusirannya dari Rusia.

“Sebuah nota telah disampaikan kepada pihak Israel, yang menginformasikan bahwa Leiderman harus segera meninggalkan Rusia dalam 48 jam, dan hal itu telah dilakukannya,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sementara itu, Israel menyatakan tuduhan Rusia kepada Leiderman mengejutkan. Mereka juga mempersoalkan tuduhan mata-mata yang dilontarkan Rusia kepada Leiderman.

“Pejabat Kementerian Pertahanan Israel melakukan investigasi mendalam dan menyeluruh kepada Leiderman, dan menemukan bahwa klaim tersebut tidak berdasar. Leiderman saat ini sudah berada di Israel. Ia masih menjalani pemeriksaan dari Kementerian Pertahanan sepanjanng minggu ini,” kata pihak Kementerian Pertahanan Israel.


Artikel Terkait Tentang :

No comments:

Post a Comment